Cara Install OS Menggunakan Virtual Box

Ditulis oleh: -
Setelah saya berhasil menggabungkan OS Windows 7 32bit yang No SP dengan installer SP1 menjadi OS windows 7 SP1, lalu saya mencoba menginstallnya di virtual box,
dan alhamdulillah berhasil, oleh karena itu saya memberanikan diri untuk mempostingannya di blog ini, hanya sekedar untuk pembelajaran saja, mengingat saya sekolah di
smk jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) yang diwajibkan untuk bisa menginstall operating system komputer.

Bagi anda yang mungkin ingin mencoba OS baru di komputer atau laptop atau mungkin netbook anda, saya sarankan lebih baik menggunakan virtual box karena sangat mudah
dan partisi anda akan aman. dari pada dengan cara dual boot yang mungkin beresiko dalam proses pemartisian atau terhapusnya OS lama anda.

Ok kali ini saya tidak akan panjang lebar lagi, silahkan download dulu virtual box nya DISINI, virtual box yang
saya gunakan adalah versi terbaru yaitu 4.2.10, jika sudah mendownloadnya, langsung saja install dan buka virtual boxnya

Pilih NEW, masukan nama os (terserah), kemudian pilih type dan version osnya, disini saya contohkan menggunakan os windows 7, lalu klik next



Masukan jumlah RAM yang akan anda berikan pada os yang akan anda install, jika RAM anda 2GB, masukan maksimal 512MB saja



Kemudian pilih create a virtual hard drive now dan klik create


Lalu pilih VDI (VirtualBox Disk Image)


Pilih Dynamically Allocated, agar ukuran hard disknya menyesuaikan dengan jumlah yang digunakan pada virtual box, jika memilih fixed size maka jika kita memasukan 20GB, ukurannya akan langsung 20GB sedangkan Dynamically tidak


Lalu masukan jumlah kapasitas harddisk dan create


Kemudian klik start pada os baru yang telah di buat


Dan pilih drive yang akan di jadikan bootable, disini saya menggunakan file iso yang telah di mounting ke drive G menggunakan daemon tools, jadi saya pilih drive G


Terakhir lakukan installasi OS seperti biasa


1 komentar:

  1. gan? bisa gak 3 os di dalam virtual box itu lagi?

    ber arti didalam virtual box itu ada 3 OS.
    terima kasih gan, jangan lupa berkunjung ke http://webrichardnainggolan.blogspot.com

    BalasHapus